Sunday, February 1, 2015

Fritz dan Durian Runtuh. #Eh, Es Krim Durian

Gayanya Si Fritz dari Kecil, Coba ya...
Terakhir gue cerita tentang temen-temen gue ya. Kalau ngga salah, satu nama yang gue sebut itu Si Fritz ya. Kepotong dah gara-gara Mba Rani datang buru-buru.

Fritz ini, setelah gue nyamperin Mba Rani dan nanyain schedule penggunaan studio hari ini, masih nungguin gue. Tapi posisinya ngga asik banget. Gue lihat dia puter balik itu Si Dell ke arah dia. Baca artikel yang gue tulis.

"Ngapain, Lo?" Agak kasar juga, gue balik posisi monitor ke arah yang baik dan benar.
"Et dah, Mpok. Nyante, nyelon..." Coba deh kalian bayangin cara ngomongnya. Betawi banget. Hahaha...
"Eh, lo tuh ngga usah pengen tau kerjaan orang."
"Kerja apaan Git, gue cuma baca judul doang. Sebaris. Menghijaukan Lahan Perkotaan. Udah ngga ada yang lain. Lah... Apa yang lo kerjain dari setadi? Ah, payah... Lagi buntu yak?" Fritz nyengir lebar dan gue males nanggepin.
"Sori, Git. Gue mau berpendapat."Fritz melanjutkan ambisinya untuk bikin gue kesel.
"Lo, ngga akan bisa nulis kalau lo ngga ngelakuin sendiri. Dah, gitu aja." Singkat. Ngga biasanya dia begitu. Temen cowok yang ngga pernah bosan tengkar sama gue sejak SD itu ngeloyor ke arah Mba Rani di meja kasir.

Bener sih kalau ternyata gue ini sedang mentok gaya. Ide gue lagi ngga berkembang. Dan...lagi-lagi celetukan Fritz bisa jadi inspirasi. Hihihi...diem-diem gue browsing tentang tanam menanam.

"Git, nih Es Krim Duren." Fritz datang lagi. Buru-buru gue tutup tab window dengan keyword Urban Garden. Malu lah, kalau ketauan gue ngikutin saran dia.
"Lo nraktir, ceritanya?" Sambil pura-pura ngetik gue nanya.
"Lah, kan gue biasa nraktir lo dari SD." Sambil cuek, Fritz jilat-jilat sendok es krim.
"Iya juga sih, tapi pengalaman gue ya...lo ngga pernah tulus ngasih es krim ke gue. Pasti ada maunya.." Gue akhirnya ngambil gelas es krim dan




Nama Gue Gita

Kece, ya :D
Panggil gue Gita. Kalau mau tanya apa nama panjang gue, ya ngga bisa gue jawab. Kenapa? Karena ya cuma itu nama yang ada di akte lahir. Memang ada beberapa kawan yang panggil gue Sigit. Bukan berarti gue transgender ya, tapi karena mereka merasa gue ini agak maskulin. Kadang kalau kumpul, mereka lupa kalau gue nih perempuan. Jujur suka keder sendiri kalau mereka begitu. Lah, gimana enggak, yang mereka bahas itu topik yang ngga enak didenger kaum hawa. Dari mulai...eh, lengkapnya baca cerita gue ya. Kalian pasti bakal paham apa yang gue maksud barusan.

Suatu pagi...hahaha kayak dongeng ya. Oke brow and sis, pertama-tama gue mau ngucapin makasih... eh, makin ngaco aja ya. Huahahaa...

Gini deh, untuk awalan gue mau bilang kalau kalian ketemu gue pasti terpesona. Ya memang ngga langsung sih, ada prosesnya. Tiga kali aja ngobrol, kalian akan bilang, “I Love You Gita”.  Secara fisik gue ngga menawan. Secara ya brow sis, penampilan gue ngga menarik perhatian. Rambut sebahu yang agak coklat ini selalu gue kuncir kuda, kaos oblong, jaket atau sweater, celana jeans, dan kacamata minus. Ditambah kalo ngumpul ya memang sama kaum Adam. Trus, gimana gue bisa nyimpulin kalau kalian bakal jatuh hati sama gue? Ya... feeling aja keless. Gimana ya, gue mah ngga ke-geeran, tapi jujur orang tuh kalau ngobrol ke gue kayak ngga bisa ngedip gitu kalau mandang. Padahal gue Cuma nyimak dan ngasih tanggepan yang wajar ya. Sumpe, ge-er banget ya Si Gita ini. 

“Git, nih ada sembilan model. Luw suka yang mana?” Dari belakang gue muncul selembar brosur berisi gambar-gambar jaket yang keren abis.

“Semua bahannya parka, Git.”
Gue asik merhatiin satu-satu model yang terpampang di sana.

“Gimana, yang cakep menurut luw yang mana?”
Gue langsung nunjuk satu jaket warna hijau army. Potongannya biasa aja. Tapi yang bikin keren tuh detilnya. Ya sleting, kuplukmya, dan krahnya yang bisa dibediriin sampai sejengkal. Cocoklah buat motoran atau hiking. Nah, mansetnya juga unik. Bisa dipanjangin dikit dan ada bolongannya buat jempol. Kerenlah.

“Bener Git, gue juga suka yang kayak gini. Makasih ya...” Tepukan di bahu gue mengakhiri bincang yang biasa banget. Temen-temen gue tuh biasa nanyain banyak hal dan sering ngerasa ngga afdol kalau belanja online tanpa minta petunjuk gue.

“Sigit, yang ini kemahalan gak? Nike, vietnam...”

“Berapa Cuy?”

“450 rebu”
Kali ini yang disodorin ke gue, gambar sepatu warna hijau lumut  di tab.

“Kemahalan, Cuy. Abang gue jual yang kayak gitu paling mahal 320 rebu. BBM aja. Lu ada kontaknya Bang Bara, kan?”
Mulut yang nanya langsung berbentuk O dan segera membuka kontak BBM. Sepertinya sih langsung nanya Abang Gue yang keren itu.

Ya gitu deh. Itu tadi soal belanja belanji. Soal pacaran juga gue sering ngasih jasa konseling gratis buat para perjaka itu. Eh, iya. Gue ngga pernah lho menyengaja untuk ngumpul sama mereka. Malahan gue yang disamperin dan mereka ngumpul di sekitar gue. Apa gue sok akrab sok deket? Ngga juga. Gue tuh orang yang suka asik sendiri. Di sini, di kafe kakak yang paling gede, gue datang tiap hari untuk ngontrol doang. Sambil nulis-nulis future atau ngerjain proyek nulis lainnya di pojokan. Biasanya para jejaka itu datang sore sampai malam. Ya pas kerjaan gue dah hampir selesai lah. Nongkrong sepulang sekolah atau kuliah, kadang mereka nyewa studio Bang Bara buat ngeband dan nyanyi-nyanyi ga jelas.

Studio Bang Bara di sebelah kiri front officenya Kafe Bang Ajo. Jadi meja pojokan ini bisa dikatakan sebagai meja keramat gue untuk memperhatikan bisnis kedua abang gue. Nah, gaji gue ya dari merhatiin yang begitu itu, hahaha...

“Lo lagi apa, Git.” Screen laptop gue ditarik kebelakang empat puluh lima derajat. Cuma satu orang yang berani begini ke gue. Yang lain mah, negor aja ngga berani kalau muka gue lagi disetting sok serius.
“Ah, parah lo Prit. Mahal nih laptop, kalau rusak gimana?”
“Deuh tuh bibir manyun aja. Laptop lo kan emang bisa diputer-puter.”
“Iye sih, laptop gue keren tapi ngga sembarang juga. Gegabah lo mah.”
Yang gue judesin ketawa ngikik. Memperlihatkan dua lesung pipit yang kata orang bikin cewek-cewek klepek-klepek.
“Gue, Fritz Anak ganteng dari Kampung Nangka...sanggup beliin lo Laptop Dell seraup.”

Udah dulu lah ngalor ngidulnya nyeritain berandal-berandal kece di sekitar gue. Hahaha... Lagi pula, semangat gue buat ngeblog ilang gara-gara Fritz. Sekarang, gue mau nyamperin manager kafe dulu yak. Mba Rani sudah datang nih, tergopoh-gopoh karena malu ngeliat gue duluan yang nyampe.